Intoleransi

INTOLERANSI, KABUL INDRAWAN

Berita terkait hasil FGD “Satu Tahun Pemerintahan Jokowi” (selasa, 6 oktober 2015).

Indisen berdarah Aceh Singkil menambah daftar panjang ancaman intoleransi di Indonesia benih sektarianisme menjadi pemicu utama bentrok yang tidak sedikit melukai warga bahkan menelan korba jiwa, masalah ini menjadi PR berat masa kerja setahun pemerintahan Jokowi-JK.

Yudishtira Masardi, budayawan yang mengkukapkan keresahannya akan intoleransi yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini, ia menyampaikan kegundahannya dalam diskusi terfokus untuk mengetahui PR terbesar cabinet Jokowi-JK hinggga empat tahun mendatang, Indonesia berada dalam tantangan intoleransi baik akibat kebijakan pemerintah maupun munculnya kelompok garis keras tertentu.

Pembakaran rumah ibadah yang terjadi di Aceh Singkil merupakan salah satu kasu menonjol yang dilakukan oleh sekelompok masa hingga mengakibatkan dua orang meninggal dan beberapa lainnya terluka.

Kasus ini menambah panjang daftar kekerasan atas nama agama yang terjadi sejak awal tahun 2015, menurut Maman Imanluhaq kondisi ini terjadi akibat ketidak tegasan aparatur negara. Dari laporan the wahid institute pada tahun 2014 mengenai kebebasan beragama, berkeyakinan dua bulan masa pemerintahan Jokowi sejak bulan November-Desember terjadi 14 peristiwa pelanggaran yang melibatkan actor negara dan 10 peristiwa pelanggaran yang melibatkan actor non negara.

Jokowi sepertinya mewarisi kasus intoleransi yang terjadi pada era presiden seebelumnya. Berdasarkan staraa Institute, kekerasa atas nama agama pada tahun 2007 hingga 2013 cenderung meningkat, namun sayangnya intoleransi justru kembali pada masa pemerintahan Jokowi-JK dan salah satunya justru dilakukan oleh pemerintah sendiri.
Benih intoleransi juga terjadi dilingkungan sekolah yang seharusnya mengakomodir keberagaman. Masih tersisa empat tahun masa kepemimpinan Jokowi-JK masih setumpuk PR yang harus dituntaskan serta janji yang harus dilunasi jangan sampai nawacita hanya menjadi cita-cita yang tergantung tinggi dilangit namun sulit diraih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.