Charta Politica Agus, Ahok, Anies

MRC PicJakarta – Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei tiga pasangan cagub-cawagub DKI 2017. Hasilnya adalah elektabilitas Ahok-Djarot teratas dan disusul oleh Anies-Sandi dan Agus-Sylvi.

Pelaksanaan survei dilakukan pascadebat pertama KPU DKI, yakni pada 17 hingga 24 Januari 2017 dengan melibatkan 767 responden di enam wilayah DKI. Sampel dipilih dengan teknik multistage random sampling. Margin of error survei ini sebesar 3,5% dan tingkat kepercayaan 95%.

Hasilnya, elektabilitas Agus Yudhoyono-Sylviana Murni sebesar 25,9%, elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat 36,8%, sementara elektabilitas Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebesar 27%. Sebanyak 10,3% responden tidak menjawab.

“Ahok berada di peringkat pertama dengan 36,8% pada bulan Januari 2017. Sementara Anies stagnan dan Agus turun jauh ke peringkat ketiga dibanding survei pada November 2016,” kata Direktur Eksekutif Yunarto Wijaya di Jalan Ciranggis, Jakarta Selatan, Rabu (1/2/2017).

Yunarto mengatakan kenaikan elektabilitas Ahok-Djarot berkaitan dengan sidang dugaan penistaan agama. Keberjalanan sidang disebut tidak membuat elektabilitas Ahok turun.

“Sidang Ahok banyak yang bertanya apakah rebound atau kemunduran pada saat sidang berjalan. Namun ketika diuji lebih lanjut, justru meningkat. Jalannya sidang tidak membuat Ahok menurun. Namun kami belum meniliti apakah itu faktor satu-satunya atau ada yang lain,” ujar Yunarto.

Charta Politika juga menampilkan survei perbandingan siapa yang paling unggul di antara enam tokoh cagub-cawagub DKI pascadebat perdana. Hasilnya, sebanyak 40,5% responden menilai Ahok-Djarot unggul. Sementara itu, 25,2% menilai Anies-Sandi unggul dan sebanyak 24,3% responden menilai Agus-Sylvi unggul.
(imk/erd)