Sikap Pemilih Ahok-Djarot Solid

PASANGAN bakal calon Gubernur dan bakal calon Wakil Gubernur DKI periode 2017-2022 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat masih mengungguli pasangan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dengan selisih cukup lebar.ahok-djarot

“Hasil panel survei menunjukkan bahwa pasangan Ahok-Djarot masih terlalu kuat di atas dua pasangan lain,” kata peneliti Media Research Center (MRC) Agung Prihatna di Jakarta, kemarin.

Jika pencoblosan untuk memilih Gubernur DKI Jakarta dilaksanakan kemarin, kata dia, tingkat elektabilitas Ahok-Djarot tertinggi (lihat grafik).

Selain itu, dari segi kekuatan pemilih atau mereka yang tidak akan mengalihkan pilihan ke bakal calon lain, Ahok-Djarot mendapat skor 71,6%. Sementara itu, pasangan Anies-Sandiaga dan Agus-Sylviana masing-masing mendapatkan 59,5% dan 53,5%.

“Tingkat kemantapan pemilih Ahok ini tinggi sekali sampai 75%. Mereka ialah orang yang sudah memantapkan pilihan, sulit tergoda untuk pindah ke calon lain, apa pun dramanya,” jelas Agung.

Tren yang tinggi itu, lanjutnya, disebabkan 30%-40% masyarakat Jakarta merasakan kemajuan di bawah pemerintahan Ahok. Jadi mereka tidak ingin berspekulasi untuk memilih calon yang lain yang belum tentu bisa sehebat petahana.

Sementara itu, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman memberikan dukungan kepada Ahok-Djarot untuk kembali memimpin Ibu Kota.

“Yang siap hanya Ahok-Djarot. Yang lainnya dadakan, tidak dipersiapkan dengan baik. Bukan cara yang profesional dalam suatu sistem pengaderan melalui partai di setiap tingkatan,” kata Hayono dalam jumpa pers di Jakarta, kemarin.

Anggota tim sukses pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Didi Irawadi Syamsuddin, mengatakan Jakarta membutuhkan figur yang tegas, manusiawi, santun dalam bertutur, dan mampu merangkul semua pihak.

“Jakarta sebagai Ibu Kota yang bersahabat, tetapi belakangan ini kok timbul konflik,” ujarnya dalam diskusi Perang Bintang di Langit Jakarta, di Cikini, Jakarta Pusat, kemarin.