Djarot Memperkuat Elektabilitas

MESKI elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok selalu teratas dalam setiap survei, ia tetap membutuhkan wakil yang memperkuat kans kemenangan dalam pilkada.ahok-djarot

Kepala Media Research Center (MRC) Asep Setiawan mengatakan berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 500 responden, elektabilitas Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang menjadi bakal calon wakil gubernur mendampingi Ahok menempati posisi teratas dari tujuh bakal calon yang disurvei. Elektabilitas Djarot berada di angka 42.4%, disusul Yusuf Mansur dengan 31.6%.

Para bakal calon wakil gubernur lain yang digadang Gerindra, PKB, dan PPP, yakni Deputi Gubernur DKI Jakarta Sylviana Murni dan Sekda Saefullah, hanya mendapat dukungan sebesar 2.7% dan 2.4%.

Menurut Asep, tingginya elektabilitas Djarot sebagai bakal calon wakil gubernur disebabkan rekam jejak dan kredibilitas positif yang diperolehnya selama menjadi Bupati Blitar, Jawa Timut. Selain itu, publik Jakarta menilai Djarot mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai wakil gubernur.

“Djarot memiliki integritas dan kejujuran. Itu merupakan salah satu elemen yang ditunggu publik,” jelas Asep di Jakarta, kemarin.

Dalam pilkada langsung, lanjut Asep, figur calon wakil gubernur menjadi faktor penentu dalam pemenangan pasangan calon. “Bila memiliki calon gubernur yang kuat, akan semakin kuat bila ditopang calon wakil gubernur yang punya elektabilitas mumpuni,” paparnya.

Elektabilitas Djarot yang tinggi sebagai calon wakil gubernur, ujarnya, tentu akan menjaga kans kemenangan pasangan petahana itu dalam Pilkada 15 Februari 2017 mendatang.

“Pasangan Ahok-Djarot yang secara resmi telah didukung oleh empat parpol, yakni NasDem, Golkar, Hanura, dan PDIP, boleh dibilang akan sulit terkalahkan. Hal ini bukan klaim, melainkan berdasarkan bukti empririk dari berbagai hasil survei yang dilakukan selama ini,” pungkas Asep yang menyebut MRC akan melakukan survei panel setiap bulan untuk pilkada DKI Jakarta. Media Indonesia

Nyu/P-3
—- akhir —-

Edisi: 21 September 2016
Halaman: 03-03
Rubrik:
POLITIK