TREN STAND-UP COMEDY DI TV INDONESIA

Stcom 1“Stand-up Comedy”, siapa yang tidak kenal dengan kata – kata ini. Berjamurnya program ini di stasiun televisi, semakin banyak masyarakat yang mengenal akan kata “Stand-up Comedy”. Saat ini hampir seluruh stasiun televisi di Indonesia memberikan slot untuk program ini, baik dalam durasi program 30 menit sampai 120 menit dengan konsep kompetisi, audisi atau hanya sekedar “Stand-up Show” menampilkan para komika, sebutan pengisi stand-up comedy.

Perkembangan di Indonesia saat ini semakin berkembang dengan beragamnya program stand-up comedy di beberapa stasiun televisi. Walaupun demikian stand-up comedy di Indonesia bisa dikatakan telat dibandingkan dengan stand-up comedi di luar negeri seperti Amerika dan Inggris.

Sebelum adanya stand-up comedy, komedi bersifat slapstick atau “physical comedy” lebih popular di mata masyarakat Indonesia saat itu, padahal stand-up comedy telah hadir di Indonesia pada sekitar tahun 1997-an. Almarhum Taufik Savalas pernah melakukan komedi stand-up di panggung seorang diri, walaupun bukan kategori stand-up comedy melainkan joke telling.

Perubahan selera komedi masyarakat ditangkap media cetak Koran Kompas untuk melakukan survey terkait “Tayangan Komedi Favorit” pada 24 April 2016 lalu dengan metode jajak pendapat melalui telepon. Hasil dari survey tersebut adalah stand-up comedy merupakan tayangan komedi terfavorit dengan persentase sebesar 20,7%. Perubahan selera ini kini telah ditangkap oleh para pemain stasiun televisi nasional. Lihat saja, tahun 2000-an stasiun televisi Kompas TV dan Metro TV disebut-sebut sebagai pelopor program stand-up comedy. Sekarang, hampir semua stasiun televisi nasional memberikan porsi program stand-up comedy ataupun komika dalam sisipan program mereka.

Indro anggota “Warkop” dalam peluncuran stand-up comedy di salah satu stasiun televisi nasional berkata “stand-up comedy merupakan komedi yang serius, seperti skripsi. Ada analisa, ada pemikiran”. Kini industri komedi di Indonesia mulai bergerak maju, lelucon komedi yang berisi lelucon dengan arah yang “bernilai”. Dengan konsep dalam penyampaiannya beragam cerita humor, lelucon pendek atau kritik – kritik berupa sindiran terhadap sesuatu hal yang sifatnya cenderung umum. Sebagai tren baru komedi Indonesia, stand-up comedy menjadi salah satu sarana komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pesan-pesan moral.

Tak hanya makin banyaknya program stand-up comedy di stasiun televisi, konsepnya pun mengalami perkembangan, banyak program yang terus bertahan dan berkembang. Sebut saja konsep kompetisi/audisi program milik Kompas TV memasuki season 17 pada tahun depan dan Indosiar dengan program “Stand-up Comedy Academy” sedang proses season ke-2. Berdasarkan rating share stasiun Indosiar ini peraih nilai tertinggi sepanjang penayangan season ke-1. Program stand-up comedy bisa dikatakan sebuah “angin segar” bagi para penikmat komedi di Indonesia. Salah satu pendiri stand-up comedy Indonesia yaitu Pandji Pragiwaksono, ia yakin industri stand-up comedy di Indonesia akan berjalan baik. Industri ini terus berkembang dengan jumlah peminat yang terus bertambah.

Ini berdampak pada jumlah komika yang hadir, dari hasil program kompetisi, audisi ataupun dari para komunitas komika. Tuntutan semakin banyaknya penikmat stand-up comedy, tak hanya terjadi perubahan dalam segi ekonomi tetapi para komika juga dituntut untuk menambah skill mereka. Dengan melakukan tur yang terus-menerus, pasti menuntut komika untuk tetap berkarya dan menulis materi baru. Sehingga keahlian komika akan terus terasah. Dilain pihak dengan kondisi pasar yang dapat mendukung, penampilan diatas panggung secara profesional dimana hal tersebut berhubungan dengan penjualan tiket, membuat pertunjukan, dan mengelola set. Stand-up comedy menjadi salah satu bagian dari industri ekonomi kreatif di Indonesia. (Adinda Khalil Arrahman adalah peneliti muda Media Research Center)

3 thoughts on “TREN STAND-UP COMEDY DI TV INDONESIA

  1. Pingback: maglie calcio

  2. Pingback: new balance

  3. Pingback: nike air pegasus 32 review pinterest.com